Kayuagung


Kayuagung sebuah kota yang terletak di lintas timur sumatera, Salah satu dari Kabupaten dari Provinsi Sumatera Selatan (Palembang), Kayuagung yang berjarak 65 KM dari pusat kota Palembang, Kayuagung merupakan Daerah Tingkat II di provinsi Sumatera Selatan sekaligus merupakan ibukota Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI).

Kayuagung Terdiri dari 10 kelurahan (Morge Siwe)

  1. Mangujaya
  2. Cintaraja
  3. Jua-jua
  4. Sidakerja
  5. Sukadana
  6. Paku
  7. Kedaton
  8. Kotaraya
  9. Kayuagung Asli
  10. Perigi

Nama Kayuagung secara umum berasal dari sebuah sejarah, dimana pada zaman dahulunya, daerah kota kayuagung terdapat pohon-pohon yang berukuran besar, bahkan ada yang sampai berdiameter 4 meter , kemudian disimpulkanlah oleh para petua Pohon itu berarti Kayu sedangkan Besar Itu Agung. mungkin andapun secara tidak sengaja pernah melihat pohon berukuran besar di kota anda, kemungkinannya itu merupakan pohon kayuagung, tapi bukan berarti setiap pohon yang besar itu merupakan pohon kayuagung, ciri khas pohon Kayuagung itu berukuran besar memiliki urat pohon yang timbul dan memiliki akar yang besar dan menjular, selain itu juga terdapat akar yang menjular dari atas kebawah, jadi dari sebuah pohonlah nama dari kota kayuagung itu.

Kayuagung ibukota dari Kabupaten Ogan Komering Ilir merupakan Pemerintah Daerah Tingkat II di Sumatera Selatan yang luasnya sekitar 21.469,90 kilometer persegi yang secara geografis terletak antara 104 2‘-106 o’ derajat Bujur Timur dan 4o 30′4o 15 derajat Lintang Selatan. jumlah penduduk dalam sensus 2008 mencapai kurang-lebih 55,285 ribu jiwa lebih, mayoritas penduduknya beragama Islam.

APRESIASI TENTANG KAYUAGUNG

Sekitar 5 tahun yang lalu Kayuagung hanyalah kota sederhana, Kayuagung Lebih identik sebagai kota Duta, banyak orang yang berfikir negatif tentang Kayuagung, menyedihkan memang, tapi anggapan orang telah terlanjur terbentuk bahwasanya Kayuagung kota duta, kotanya para penjahat, perampok, dsb, hanya saja untuk kembali membuka pikiran masyarakat umum tentang Kayuagung, saya akan memberikan persentase jumlah penduduk yang berprofesi sebagai Duta di Kayuagung, persentase yang ada hanya 8, 72 % orang pribumi yang berfrofesi sebagai duta.

Duta itu istilah dari penjahat yang melakukan tindakan kriminal (pencurian, perampokan, dll) yang umumnya beraksi di luar negeri ada juga yang di indonesia.

Tapi Bersyukurlah Kayuagung yang sekarang jauh berbeda, anggapan tentang kota penjahat atau duta mulai berganti, kesadaran masyarakat awam yang secara perlahan mampu membuka mata, memanfaatkan peluang yang ada.
tidak hanya semata-mata mengandalkan sertifikat dan ijazah sebagai peluang.

PERBEDAAN 5 TAHUN LALU

Kayuagung sudah menjadi kota yang sedikit lebih maju, Kayuagung yang memiliki kelengkapan yang bisa di katakan standard, pada tahun 2008 telah berdirinya UNISKI (Universitas Islam OKI), Lapangan Olahraga, Rumah Sakit Umum Tingkat Nasional, Sekolah Menengah Atas yang telah standard Nasional, Serta Objek Wisata Teluk Gelam, Peningkatan ekonomi masyarakat jauh lebih baik di banding beberapa tahun lalu, perkembangan Ini pun di manfaatkan oleh beberapa Pengusaha yang menganggap kayuagung berpotensi sebagai peluang usaha.

Pemerintah memperhatikan betul perkembangan di beberapa sektor sesuai program Pemerintah Daerah, mulai dari Sektor Pendidikan, Olahraga, Kesehatan, Pertanian dan Sektor Ekonomi , dalam beberapa tahun ini mengalami kemajuan yang pesat dan signifikan, hal itu juga tak lepas dari dukungan masyarakat kayuagung, sekaligus memacu masyarakat untuk melakukan revolusi besar, sebuah perubahan untuk kemajuan bersama, Agar terus dapat terus berkembang menjadi kota yang pantas di banggakan , sayangnnya sedikit terlambat di banding kabupaten-kabupaten lainnya.

Kayuagung mulai berbenah di sektor Pendidikan sekarang di kabupaten OKI khusus nya di kayuagung telah memiliki sekolah-sekolah yang standard nasional, SMP dan SMA yang mampu berprestasi mulai dari tingkat provinsi hingga di tingkat nasional, Pada tahun 2008 telah berdirinya Universitas Islam OKI (UNISKI), serta lembaga-lembaga belajar lainnya, sebut saja, Kursus dan Kuliah Komputer DCC Kayuagung, AL-Ikhlas, Gilland Ganesha, Taman Belajar English Course, Mitra Global, Serta Bimbingan Belajar.

Kayuagung mulai berbenah di sektor Olahraga, sekarang di Kayuagung telah tersedia Lapangan Sepakbola Segitiga Emas lapangan yang memang belum memiliki kelayakan untuk event daerah, belum adanya tribun seperti layak stadion bola umumnya, Lapangan Futsal Outdoor Sederhana, Lapangan Badminton Indoor, Arena lingkar Road Race, serta Lapangan Badminton di Gedung Juang Kayuagung, tersedia juga olahraga Sky Air Di danau Wisata Teluk Gelam, Perahu Layang, dalam beberapa tahun ini selalu dia adakannya “BUPATI CUP” kompetisi ini untuk memacu dan melihat potensi atlet-atlet di Kayuagung, sekaligus menyalurkan bakat-bakat masyarakat Kayuagung.

Kayuagung mulai berbenah di sektor Kesehatan, sekarang telah berdirinya RSUD dan Puskesmas, bertarap Nasional mulai dari Fasilitas Bangunan, Peralatan, hanya saja masih banyak keluhan masayarakat tentang Pelayanan, tapi sedikit lebih baik, walaupun semuanya belum sesuai dengan harapan masyarakat.

Kayuagung mulai berbenah di sektor Ekonomi, sekarang di Kayuagung jauh lebih baik soal ekonomi, bukan berarti masyarakatnya rata-rata kaya, atau tidak ada masyarakat miskin hanya saja peningkatan ekonomi secara perlahan mulai di rasakan penduduk Kayuagung secara tidak langsung.

Mata pencaharian penduduk Kayuagung umumnya Pegawai, Wirausaha, Petani disamping sebagai pengrajin pada industri kecil dan pertukangan. Kayuagung cukup terkenal dengan kerajinan tanah liat yang memproduksi alat-alat masak.

Kayuagung menjadi salah satu daerah penyuplai terbesar di sektor perkebunan dan pertanian seperti beras, kelapa sawit, karet, untuk mewujudkan “SUMATERA SELATAN SEBAGAI LUMBUNG PANGAN DAN ENERGI”.
Semoga dengan blog ini kita mampu memperkenalkan kota Kayuagung, mudah-mudahan menambah wawasan tentang sebuah sejarah tentang Kota Kayuagung, semoga Kayuagung akan jauh lebih baik lagi dari tahun ke tahun.

Jangan pernah malu mengatakan onyak jime owam (orang kita), karena seharusnya kita harus bangga menjadi bagian kota kayuagung sebagai rumah tinggal kita tempat kita berpijak.

Untuk Anda yang ingin menyatakan pendapat, saran dan kritik, pengumuman, serta yang berita seputar kota Kayuagung dan OKI, posting komentar anda, agar anda secara tidak langsung anda ikut berpatisipasi Membangun dan Memajukan Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir, insyallah mendapat tanggapan dan perhatian dari pemerintahan kabupaten OKI khususnya Kayuagung.

Odang Lupe Posting Comment ne go ( Jangan Lupa Posting Komentarnya Ya) Salam Hangat Penulis. Ebhie Febrian

Iklan

3 Responses to Kayuagung

  1. adi.owam berkata:

    thanks atas imformasi ne…..

    • acan berkata:

      bos, onyak asli jime owam………….?
      mekaseh kok ngeholoukon kayuagung, onyak bangga kinyak komu segale,,,,,,,,,
      tapi yang onyak hage, pokok ne onyak bangga kinyak komu segale, terutama jime owam…………….

  2. ki o berkata:

    Holow ne gohhhhh !!!!!!
    Bangga onyak jadi jime owam
    Pakom nihann , huwek morge siwe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: