Midang Morge Siwe Kayuagung


Midang itu merupakan sebuah adat istiadat di kayuagung dimana putra-putri daerah melakukan arak-arakan menggunakan pakaian pengantin ritual pasca lebaran berkeliling berjalan kaki sekitar 5-6 km, barisan pengantin remaja itu juga menyeberangi Sungai Komering menggunakan perahu ketek. Ini memberikan gambaran betapa mulianya ritual perkawinan yang merupakan pertanda berakhirnya masa bujang (muanai) dan gadis (mouli).

Dalam ritual itu digambarkan bagaimana perkawinan itu dimulai dari perkenalan antara bujang dan gadis, lalu ada acara melamar atau bahkan kawin lari dan diakhiri dengan perkawinan yang diwarnai arak-arakan sepasang pengantin keliling kota untuk memberi tahu warga bahwa sepasang remaja itu kini sudah berubah status.

arak-arakan yang cukup jauh dengan sengatan matahari tidak seditkitpun menyurutkan semangat perserta midang, antusias masyarakat yang tumpah-ruah memenuhi jalan-jalan untuk mengikuti dan menonton acara tahunan ini memberi gambaran bagaimana menariknya midang morge siwe kayuagung.

Selain pasangan arak-arakan putra-putri yang menggunakan pakaian pengantin, terdapat juga gerobak, mobil hias, Selain midang masih ada acara yang lebih unik lagi, Bidar (lomba dayung) hingga acara-acara yang lainnya.

Tradisi ini rutin di lakukan pasca lebaran, dan di gelar masyarakat kayuagung yang terdiri dari sembilan kelurahan yang biasanya di sebut dengan morge siwe, hal ini juga melestarikan tradisi turun temurun. karena perkawinan yang digelar masyarakat tak mungkin lagi bisa menyelenggarakan upacara sebesar itu.

Pada ritual itu, setiap marga diwakili satu pasang pengantin inti yang berpakaian lengkap pengantin khas Kayuagung diiringi puluhan bahkan ratusan pengantin remaja sebagai pengiring.

Biasanya Midang morge siwe ini di lakukan pada hari ketiga dan keempat hari raya Idul Fitri, midang ini sangat di tunggu masyarakat kayuagung bahkan orang dari kota-kota lain, dari anak kecil hingga orang antusias berbaris di pinggir jalan untuk melihat acara tahunan ini.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: