KABUT ASAP DI KABUPATEN OKI


jime owam

Kabut asap di Kabupaten Ogan Komering Ilir OKI, Sejak beberapa hari terakhir semakin tebal dibandingkan sepekan sebelumnya karena diduga adanya  kebakaran lahan gambut di daerah itu.

Kabut asap tersebut terlihat sangat pekat mulai pukul 03.00 hingga 07.00 WIB dan muncul lagi pada pukul 18.00 sampai 22.00 WIB, sehingga dikhawatirkan dapat mengganggu kesehatan masyarakat setempat.

”Biasanya kabut asap itu hanya pekat saat subuh saja, tetapi sekarang malam hari warga mulai terganggu pernafasan dan jarak pandangnya karena kabut asap tersebut,” kata Wulandari, 19, warga Kelurahan Paku, Kecamatan Kota Kayuagung, OKI.

Wulandari mengaku, kondisi tersebut diduga terjadi akibat semakin maraknya kebakaran lahan gambut dan hutan di Kabupaten Ogan Ilir (OI) dan OKI.

Di Kabupaten ini belum pernah turun hujan lebat, sementara titik api sampai pertengahan September 2009 sudah mencapai 171 titik bahkan diperkirakan kini bertambah banyak.

”Mungkin karena dua faktor tersebut yang menyebabkan kabut asap yang menyelimuti daerah ini sejak musim kemarau beberapa bulan silam semakin tebal dibandingkan sebelumnya,” kata dia.

Sementara itu, Kepala Seksi Kebakaran Hutan Dinas Kehutanan OKI, Jama’ani, saat dihubungi mengaku, pihaknya belum tahu berapa jumlah titik api yang ada di daerah itu sampai akhir September 2009.

“Data terakhir yang masuk ke jime owam adalah sampai 15 September 2009, mencapai 171 hingga 173 titik dan kalau melihat kondisi di lapangan, tampaknya angka itu telah bertambah, tetapi berapa kepastiannya belum diketahui.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan OKI, dr H Herman Ismail Rifa’i mengimbau masyarakat menggunakan masker saat bepergian ke luar rumah, sehingga mereka bisa terhindar dari infeksi saluran pernafasan akut (ISPA) akibat terlalu banyak menghirup udara yang telah ter kontaminasi oleh kabut asap.

Biasakan menggunakan masker saat bepergian ke luar rumah dan jaga pola hidup bersih, sehingga penyakit-penyakit berbahaya seperti ISPA bisa dihindari.

Dalam weblog jime owam ini, gak perlu bayar, GRATIS, tapi cuma perlu komentarnya, ~good luck~ 🙂

*Writter : Ebhie Febrian

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: