PENILAIAN TENTANG INDOFACE


indoface logo

Membaca judul artikel ini: “Situs social network yang membayar membernya” atau “Situs social network yang memiliki program revenue sharing” saya yakin anda memiliki respon positif – Sangat menguntungkan bukan?! Tapi kenyataan tidak seperti itu. Well, mari kita lihat.

Layanan seperti ini (Situs social network yang membayar membernya) sebenarnya sudah ada sejak dulu. Namun semua situs-situs social network tersebut sangat lemah atau jelek dalam hal pelayanan dan fitur-fitur yang ditawarkan. Tidak seperti Facebook tentunya, Facebook tidak perlu memberikan sharing revenue kepada membernya tapi karena fitur dan layanan sangat bagus dan memuaskan, orang-orang pun tetap tertarik bergabung dengan facebook. 

Sekilas tentang Indoface

Nah, sekarang saya coba membahas tentang Indoface.com. Kebetulan beberapa jam yang lalu saya daftar Indoface. Revenue sharing yang ditawarkan Indoface adalah system point, yang mana setiap member akan mendapatkan point berdasarkan intensitas aktifitas nya di Indoface, diantaranya: refer/invite friends, upload photos, creating groups, dan lain-lain. Point tersebut dapat ditukarkan dengan hadiah-hadiah yang disediakan oleh Indoface, seperti: handphone, modem, TV, dan lain-lain.

Perubahan otientasi dan tujuan dalam beraktifitas di situs social network

Biasanya terjadi perubahan tujuan jika kita menggunakan atau menjadi member situs social network yang memberikan sharing revenue. Alih-alih membangun networking, kita malah sibuk dengan aktifitas mengumpulkan point yang tanpa didasari oleh niat untuk membangun dan mengembangkan networking/jaringan kita. Tapi tetap, itu tergantung pribadi masing-masing orang.

Yang terbaiklah yang akan menang

Dalam persaingan, yang terbaiklah yang akan menang. Yups, dari sekian banyak situs-situs social network yang ada, Facebook telah menjadi pemenang – digunakan banyak orang di seluruh dunia.

pay per click advertising

Bahkan Facebook mulai mendominasi jaringan blog. Coba lihat, semakin banyak para blogger yang melepaskan badge atau widget Mybloglog dan Blogcatalog, para blogger mulai menggantinya dengan badge/widget Facebook Fans Page atau Applikasi Facebook yang berhubungan dengan blog dan blogging, seperti NetworkedBlogs. Sangat berbeda jauh dengan yang saya rasakan dan alami pada sekitar tahun 2006 – 2007, aktifitas blog networking sangat intents dan ramai sekali di Mybloglog dan Blogcatalog, tidak seperti sekarang.

Saya pun kepikiran untuk mengganti widget Mybloglog dengan Facebook Fans Page atau widget dari NetworkedBlogs. Karena memang sangat efisien dan efektif, hanya dengan satu login di Facebook kita bisa memantau dan beraktifitas mengembangkan jaringan blog kita.

Now Indoface

Indoface sudah membagi-bagikan beberapa hadiah kepada member nya, kebetulan sekali kenal dengan saya, dia sudah dapat tiga kali, Nice job Indoface, keep it up!. Tapi apakah ini hanya masa promo saja atau seterusnya. Kalau baca-baca di website Indoface, sistem point yang bisa ditukarkan dengan hadiah-hadiah tersebut (kebanyakan barang-barang elektronik) akan berlaku seterusnya, selama kita memiliki point yang cukup untuk ditukarkan.

Logika dari sistem reward/point tersebut sangat sederhana; Indoface mendapat penghasilan dari iklan dan sponsor, kemudian sekian persen keuntungan dibagikan ke member. Jika tidak ada pemasukan tentu saja Indoface tidak bisa memberikan reward, atau jika pemasukannya lambat dan sedikit pembagian reward juga akan lama cycle nya.

Iklan

One Response to PENILAIAN TENTANG INDOFACE

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: